Hadapi Pandemi COVID-19, Arek Malang Ini Bikin Platform Digital Pembelajaran Seni

Monday, 07 June 2021

IDXChannel – Seorang anak muda, Budi Bagus Prasetyo membuktikan bahwa, pandemi COVID-19 tidak menghalangi dirinya untuk mengasah potensi diri di bidang seni. Memanfaatkan teknologi digital, kelompok seniman dari berbagai daerah menciptakan platform khusus belajar seni secara online di mejaseni.com.

 

Menurut Bagus, seni sebagai pemberdayaan diri manusia tidak boleh mati karena pandemi. Karena melalui seni, manusia bisa lebih mengenal diri sendiri, memperkuat jati diri, mengasah rasa empati kita terhadap sesama dan semesta. "Kami ingin memberi solusi bagi masyarakat yang merasa terbatasi untuk mengasah seni di tengah pandemi," kata Founder mejaseni.com Budi Bagus Prasetyo, Jumat (4/6/2021).

 

Di platform ini, pemuda asal Malang ini bekerja sama dengan para seniman di kota besar maupun di daerah. Tujuannya agar bisa memberikan ilmunya kepada khalayak luas Indonesia maupun dunia. Para seniman juga dapat menjual produk-produk seninya. Sehingga secara otomatis seni maupun budayanya akan dikenal. “Puluhan seniman profesional di bidangnya siap menjadi mentor untuk mengasah beragam seni. Seperti musik, tari, teater, lukis, fotografi, videografi, desain grafis, bahasa, public speaking, hingga tata rias,” ujarnya.

 

Ratusan jenis pembelajaran seni yang cocok untuk segala usia juga disediakan dengan berbagai pilihan tahapan kemampuan. Mengingat metode pembelajarannya via online, maka dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun dengan nyaman dan menyenangkan. “Pengembangan mejaseni.com akan terus dilakukan. Termasuk dalam waktu dekat kami meluncurkan aplikasi untuk Android dan ios yang bisa diunduh di toko aplikasi,” imbuh Bagus.

 

Co Founder mejaseni.com Fajar Lintar Hidayanto menambahkan, sistem pembelajaran di mejaseni.com didesain dengan sangat mudah bagi siswa maupun mentor. Siswa maupun mentor mendapatkan akses masuk ke dashboard website. Di Dalam dashboard, mentor bisa secara mandiri membuka jadwal kelas, hari, jam, menentukan link platform yang digunakan untuk kelas tatap muka, mengunggah materi tambahan atau video pembelajaran untuk siswa. "Bahkan mentor bisa mengetahui jumlah fee yang didapat setelah mengajar, yang kemudian bisa dicairkan," ujar pemuda yang juga asal Malang ini.

 

Selain mengajar, mentor yang mempunyai karya seni seperti lagu, lukisan, kerajinan tangan maupun produk kesenian lainnya bisa dipamerkan di e-store atau marketplace mejaseni.com.

Kemudahan juga disediakan bagi siswa. Pendaftaran cukup dilakukan melalui website, kemudian melakukan pilihan pembayaran. "Pembayaran bisa melalui transfer virtual account, kartu kredit," terang Lintar. (TIA)

 

Artikel ini telah tayang di Liputan6.com dengan judul “Hadapi Pandemi COVID-19, Arek Malang Ini Bikin Platform Digital Pembelajaran Seni”,

https://www.idxchannel.com/ecotainment/hadapi-pandemi-covid-19-arek-malang-ini-bikin-platform-digital-pembelajaran-seni

 

Penulis : Lukman Hakim/Sindo


Ayo bergabung dan mulai asah skillmu!

Buktikan sendiri bahwa mejaseni bisa membantumu mengembangkan keahlianmu, seperti yang telah dilakukan oleh ratusan ribu member lainnya.