4 Teknik Dasar dalam Akting

Monday, 27 September 2021


“Acting is Believing” - Constantin Stanislavski


YOGYAKARTA, Mejaseni.com - Akting adalah kemampuan menjadi sesuatu, memainkan sebuah peran/tokoh hingga orang yang melihat kalian yakin jika itu nyata.  Berlatih akting dari hal yg paling mendasar bagaimana kita memahami tubuh pikiran, emosi, karakter, melakukan observasi, hingga bagaimana nanti kita mampu melakukan akting dengan tepat baik didepan kamera maupun diatas panggung. Akting bukan semata perkara bakat, tetapi bagaimana kita berlatih dengan disiplin, tekun dan terukur. Berikut adalah teknik dasar yang harus dilatih dalam berakting :


1. Olah tubuh

Latihan dasar untuk menjaga stamina, kelenturan tubuh, dan daya refleks tubuh. Dimulai dengan peregangan seluruh persendian dan otot tubuh dari kepala sampai kaki ataupun sebaliknya. Untuk melatih gerakan olah tubuh yang tepat kamu bisa mempelajarinya di Latihan Dasar dalam Seni Peran


2. Olah suara

Latihan untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan vokal meliputi power, kejelasan pengucapan/ artikulasi, aksen/intonasi agar penonton dapat mendengar jelas apa yang disampaikan oleh aktor. Suara menjadi elemen penting karena sebagai penyampai pesan ke penonton.


3. Olah rasa

Latihan untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi, penghayatan, dan imajinasi. Seorang aktor harus memiliki kemampuan untuk menjadi seseorang yang bukan dirinya sendiri. Untuk mencapai hal tersebut, seorang aktor harus mampu berkonsentrasi mengolah rasa, dan emosi dengan latihan olah rasa. Untuk meningkatkan kemampuan olah rasa kamu bisa mempelajarinya lewat kelas Master Lesson Seni Peran


4. Ruang

Merupakan kemampuan untuk mengetahui kebutuhan suatu ruang pergerakan dari adegan. Misalnya agar tidak melakukan blocking, yaitu menunjukan punggung pada penonton, sehingga mereka tidak dapat melihat ekspresi dan gerakan tubuh pemain dengan baik. 


Selain 4 teknik diatas, praktek dengan bimbingan dari ahlinya juga sangat penting untuk membantumu belajar akting secara cepat dan tepat, salah satunya dengan mengikuti Kelas Seni Peran di Mejaseni. Di kelas ini, kamu bisa mempelajari teori dan praktik akting dari metode yang paling dasar, memahami dan mengolah tubuh, olah rasa, olah pikir, olah nafas, olah vokal, meditasi, bagaimana memunculkan kepercayaan diri ketika berakting. Hingga memiliki kemampuan untuk menganalisa dan memahami karakter tokoh, melakukan observasi dimensi tokoh hingga bagaimana berlatih akting secara mandiri dalam aktivitas sehari-hari. Ayo segera daftarkan dirimu!

Ayo bergabung dan mulai asah skillmu!

Buktikan sendiri bahwa mejaseni bisa membantumu mengembangkan keahlianmu, seperti yang telah dilakukan oleh ratusan ribu member lainnya.