7 Manfaat Teater dalam Kehidupan Sehari Hari

Monday, 26 April 2021


Teater memiliki pengertian secara etimologis yang artinya tempat atau gedung pertunjukan. Sedangkan secara istilah, teater berarti segala adegan yang dipertunjukkan di dalam pentas untuk konsumsi penikmat. Di Indonesia, seni teater sudah banyak berkembang dan menjadi salah satu kesenian yang digemari oleh masyarakat dengan berbagai lapisan usia. Awalnya, teater berasal dari kegiatan yang biasa dilakukan saat upacara agama dan adat tertentu. Beberapa daerah juga menyelenggarakan pertunjukan teater untuk memperingati dan mengenang jasa para pahlawan. Kini teater sudah semakin berkembang dan banyak digunakan sebagai sarana pendidikan yang cukup interaktif dengan visualisasi yang baik dari para pemain teater dalam memainkan sebuah peran serta penyampaian pesan moral di dalamnya.

 

Meski masih banyak masyarakat yang menggemari seni teater namun tidak sedikit juga anak-anak muda yang memilih untuk sibuk bermain dengan gadgetnya dibanding menonton sebuah pertunjukan teater. Oleh karena itu berikut akan di jabarkan beberapa manfaat teater yang akan diperoleh baik sebagai pelaku maupun penonton pertunjukkan teater.

 

1. Sebagai sarana edukasi sejarah untuk masyarakat

Teater sering dipertunjukkan sebagai salah satu hiburan saat memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Tema yang diusung pun beragam namun sebagian besar akan mementaskan kisah para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan untuk Indonesia. Hal ini lah yang menjadi salah satu nilai utama dalam sebuah pertunjukkan teater, yaitu mengenalkan dan memvisualisasikan bagaimana sejarah itu terjadi. Baik pelaku maupun penonton teater secara tidak langsung akan mempelajari salah satu peristiwa sejarah di Indonesia.

 

2. Sebagai sarana menyampaikan pesan moral tentang kehidupan

Banyak pementasan teater yang mengangkat kisah kehidupan sehari-hari bersama dengan pesan moral di dalamnya yang tentu akan sangat bermanfaat bagi pelaku dan penonton teater.

 

3. Sebagai ritual dalam suatu upacara adat/tradisional

Beberapa daerah yang masih memiliki kepercayaan tertentu sering menggunakan pentas seni teater sebagai salah satu bagian dari upacara adat mereka. Pertunjukkan teater jenis ini tidak membutuhkan penonton tapi cukup dari peserta upacara saja.

 

4. Bagi pelaku teater menjadi lebih peka terhadap kehidupan sosial

Setiap pementasan teater pasti memiliki pesan moral kehidupan yang ingin disampaikan kepada penonton. Pesan moral tersebut tentu akan lebih efektif diterima oleh para pemain teater karena mereka harus menghayati peran tersebut sebelum pementasan.

 

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Sebagai seorang pemain teater diwajibkan untuk mampu mengekspresikan emosi baik itu senang, marah maupun sedih. Proses memunculkan emosi yang baik ini diperlukan rasa percaya diri terlebih dulu agar ekspresi yang ditampilkan lebih baik.

 

6. Sebagai penyampai pesan moral untuk kehidupan

Setiap pementasan teater pasti akan ada pesan moral yang diupayakan agar dapat tersampaikan ke masyarakat. Melalui teater ini kita dapat melakukan perubahan kepribadian dan pola pikir masyarakat tanpa terlihat menggurui.

 

7. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

Pemain teater akan memiliki waktu bersosialisasi dengan sesama lebih banyak dibanding non pemain teater. Hal ini memiliki dampak positif bagi perkembangan kehidupan sosial mereka, tidak seperti mayoritas anak khususnya remaja yang lebih tertarik berinteraksi dengan gadget dibanding dengan orang lain disekitarnya.

 

Artikel ini pernah terbit di manfaat.co.id dengan judul “7 Manfaat Teater dalam Kehidupan Sehari Hari” ,

https://manfaat.co.id/manfaat-teater

 

Penulis : Redaksi Manfaat


Ayo bergabung dan mulai asah skillmu!

Buktikan sendiri bahwa mejaseni bisa membantumu mengembangkan keahlianmu, seperti yang telah dilakukan oleh ratusan ribu member lainnya.