5 Tips Bermain Bass

Monday, 07 February 2022

YOGYAKARTA, Mejaseni.comDalam berlatih memainkan instrumen musik, tentu saja kita mengalami banyak sekali kendala-kendala. Kendala itu bisa datang dari luar diri kita, misalnya lagu-lagu yang terlalu sulit, atau dari dalam diri kita misalnya merasa bosan. Nah, di sini Mejaseni akan membagikan 5 tips jago bermain bass untuk pemula. Simak guys!


1.      Kenali Instrumen Bass

Ibarat tak kenal maka tak sayang. Pepatah itu juga berlaku di semua segi guys, begitu juga dengan bermain musik khususnya instrumen bass. Sebelum kita memainkan, kita perlu mengenalnya agar kita sayang dengan bass kita. Misalnya kita perlu kenal berat bass yang kita mainkan itu seberapa, kemudian letak nadanya di mana saja, dll.. Jika kita tak kenal dan tak sayang, maka tidak mungkin kita akan betah berlatih guys. Di sini, Mejaseni akan memperkenalkan sedikit tentang instrumen gitar bass elektrik.

Setiap komponen dalam gitar bass memiliki fungsinya masing-masing, misalnya tuning keys berfungsi untuk tuning (setem) ketegangan senar agar cocok/ tidak fals dan fret untuk menentukan nada pada papan fret agar mudah dimainkan.

 

2.      Mempelajari Teknik-Teknik dalam Permainan Bass

Tentu apabila kita mendengarkan permainan bass yang ciamik dari bassist yang jago seperti John Myung atau Billy Sheehan dengan teknik-teknik yang sudah enggak karuan, kita akan terkejut terheran-heran. Dalam hati pasti bertanya, “Gimana dia memainkannya, ya?”.

Nah, inilah pentingnya kita mempelajari teknik-teknik dan teori dalam bermain bass. Dengan memahami teknik dan teori, kita akan dengan mudah menebak, mengulik, dan mengetahui dengan pasti apa saja nadanya dan bagaimana memainkannya. Tanpa kita mengetahuinya, tentu saja mustahil kita dapat memainkan permainan bass yang rumit dan permainan kita hanya akan gitu-gitu aja.

Ada beberapa teknik permaian bass yang populer, misalnya slap, popping, tapping, neck bending,dan picking. Kalian sudah tahu yang mana saja?

 

3.      Selalu fokus memperhatikan dan mempertahankan tempo

Bass dan drum adalah instrumen musik yang berperan penting mengatur tempo dalam sebuah lagu. Apabila kalian tidak bisa mempertahankan tempo dengan baik, maka beat atau irama musik pada lagu tersebut akan tidak terasa. Yang lebih parah lagi adalah musik menjadi tidak padu. Dengan demikian, kalian sangat perlu berlatih dengan selalu memperhatikan tempo. Salah satu cara yang paling dasar adalah kita mengetahui ketukan berat dan ketukan ringan. Misalnya dalam sukat 4/4, ketukan berat berada pada ketukan pertama dan ketiga, dan ketukan ringan berada pada ketukan kedua dan keempat. Agar beat atau irama terasa, kita bisa memberikan aksen pada ketukan pertama dan ketiga, dan meringakan petikan pada ketukan kedua dan keempat. Latihan seperti ini akan lebih mudah dilakukan dengan cara berlatih menggunakan metronom secara rutin.

 

4.      Rajin berlatih

Bermain musik adalah keterampilan. Keterampilan hanya dapat dikuasai dengan cara dan berlatih. Jadi, tanpa berlatih tentu saja tidak akan bisa terampil atau jago. Tips agar kita displin berlatih dapat dilakukan dengan cara membagi waktu kapan kita harus berlatih. Misalnya kita memberi target 3 (tiga) jam dalam sehari, kita dapat membagi satu jam di pagi hari, satu jam di siang hari, dan satu jamnya lagi di malam hari.

Kemudian, kita perlu memberikan perhatian ekstra pada bagian-bagian lagu yang sulit. Contohnya, ketika kita melatih salah satu lagu yang sedang kita latih dan menemukan bagian yang sulit, kita perlu melatih bagian yang sulit itu secara berulang-ulang hingga benar-benar lancar dan menguasai. Bagian sulit itu kita latih pada tempo yang lebih lambat, kemudian menaikkan temponya perlahan-lahan.

 

5.      Memperbanyak Referensi

Referensi sangatlah penting. Pertama, kita akan kaya terhadap gaya-gaya permainan bass. Tentu saja kalau kita banyak mengetahui gaya-gaya permainan bass, kita akan mendapatkan banyak sekali gambaran-gambaran teknik apa yang belum kita ketahui sehingga dapat memberikan motivasi agar berlatih dengan lebih giat. Tips agar lebih jago bermain bass, kita perlu menambah stok lagu yang kita kuasai secara terus-menerus. Kita perlu memilih lagu yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dari lagu yang sudah kita kuasai sebelumnya.

 

Demikian 5 tips yang mejaseni berikan agar kita jago bermain bass….


Ayo bergabung dan mulai asah skillmu!

Buktikan sendiri bahwa mejaseni bisa membantumu mengembangkan keahlianmu, seperti yang telah dilakukan oleh ratusan ribu member lainnya.